" Ini Bahaya Sinar Lampu Putih di Musim Hujan - Berita Video

Sunday, October 22, 2017

Ini Bahaya Sinar Lampu Putih di Musim Hujan

Loading...

Beritavideo - Penggunaan lampu High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan lebih mewah. Namun perlu diingat, pada musim hujan seperti ini penggunaan lampu HID justu bisa berbahaya.

Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.


Lampu HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan.

Saat sedang diguyur hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin. Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau yang membuat jarak pandang makin terganggu.

Lampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. Sedangkan secara intensitas cahaya, yang baik kisarannya di 3.000 sampai 5.000 kelvin.

Di bawah 5.000 kelvin cahaya lampu biasanya berwarna kuning pijar sampai mendekati clear. Namun bila sudah di atas 6.000 kelvin maka sinarnya berwarna putih.

Lampu berwarna kuning masih bisa memberikan visiblitas yang baik, paling tidak bisa sebagai penanda untuk kendaraan lain dari arah depan.

Loading...
Back To Top